Rabu, 05 Januari 2011

Komponen Bangunan Rumah Sederhana

Sebuah istilah yang sudah akrab ditelinga kita"Tak Kenal Maka Tak Sayang" tapi untuk tulisan ini barang kali yang lebih tepat adalah"Tak Kenal Maka Tak Paham".
Secara singkat akan kami kenalkan komponen utama struktur banguanan sederhana atau rumah. Sekali lagi komponen struktur bangunan. Komponen struktur bangunan merupakan komponen utama yang menopang bangunan tersebut terhadap gaya-gaya yang bekerja sehingga bangunan tadi tetap berdiri sesuai dengan peruntukanya. Diantara gaya utama (atau bisa juga disebut beban)adalah gaya grafitasi dan gaya gempa. Disini kita membatasi hanya 4 komponen utama struktur bagunan, jelas disana masih terdapat banyak komponen struktur bangunan lainnya. Tujuanya adalah menyamakan presepsi tentang beberapa pembahasan yang akan kami tuliskan ke depan (biiidznillah). Karna tulisan ini ditujukan untuk siapa saja dan kami berusaha membawakanya dengan bahasa yang mudah dengan maksud supaya semua orang paham bahkan seorang yang sangat awam tentang hal-hal yang berhubugan dengan konstruksi.

Komponen tersebut adalah (lihat gambar 1)
1.Sloof  (ditujukan oleh warna merah)
2.Kolom (ditunjukan warna abu-abu tua)
3.Balok (warna hijau)
4.Plat lantai (warna biru)


Catatan : Boleh jadi penyebutan berbeda-beda tergantung oleh tempat dan siapa yang menyebutnya. Akan tetapi kita sepakati dalam tulisan terutama di blog RumahdanGriya penamaanya seperti di atas. Bahkan istilah ini sudah baku dalam dunia konstruksi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger