Sabtu, 30 Juli 2011

Pemadatan Beton (Seri Cara Membuat Beton VII)

Pemadatan cor beton adalah kegiatan menghilangkan udara yang terjebak dalam cor-coran beton yang dapat mengakibatkan keropos beton dengan cara pengetaran atau penusuk-nusukan cor-coran beton.
Dapat anda bayangkan pembaca, bahwa ketika anda menuang adonan roti dimana adonan tersebut terdiri dari bahan yang ringan, dimungkinkan roti anda setelah kering masih terdapat rongga-rongga. Nah maka untuk beton tentu saja kemungkinan terjadi rongga setelah pengecoran juga besar. Maka selanjutnya fakor yang tidak kalah pentingya dalam membuat beton yang baik adalah kegiatan pemadataan cor-coran beton.
Kapankah pemadatan beton dilakukan, pemadatan dilakukan segera setelah beton dicor pada areal yang kita kehendaki, dimana keadaan tersebut sifat beton masih plastis. Pemadatan atau penggetaran beton tidak boleh dilakukan setelah beton masuk dalam fase setting. (apa itu fase setting lihat pada posting sebelumnya).

Kenapa Beton Kita Perlu Dilakukan Pemadatan
Selain untuk menghasilkan beton yang kuat dan tahan lama maka pemadatan beton juga akan memberikan hasil permukaan beton halus.
Pemadatan beton lazimnya mengunakan alat vibrator beton (concrete vibrator)
Gambar 21.1 Concrete vibrator

Metode Pemadatan Cor Beton Dengan Vibrator :
  • Masukan vibrator kedalam cor beton dengan cepat, akan tetapi angkat vibrator setelah pemadatan dengan lambat

  • Ketika anda memasukan vibrator kedalam cor beton maka akan tampak radius vibrasi. Radius vibrasi ini harus menyentuh seluruh arel permukaan beton yang dicor sehingga masing-masing radius vibrasi saling overlap menyelimuti seluruh permukaan beton yang dicor.

  • Kedalaman batang vibrator kira-kira harus menjangkau dasar cor beton, akan tetapi jangan sampai menyentuh permukaan cetakan beton (begisting)

  • Ketika menggunakan vibrator hindari kontak batang vibrator dengan begisting (cetakan beton). Hal ini walaupun sekilas bagus karena hampir seluruh permukaan cor beton tergetar, akan tetapi hal ini justru akan mengakibatkan beton yang sudah setting tergetar kembali sehingga dapat meninggalkan retakan kecil, disamping itu waktu  pengetaran menjadi lebih lama hal ini bisa mengakibatkan segeregasi.

  • Tidak dibolehkan memadatkan beton dengan cara menyentuhkan batang vibrator ke besi tulangan beton.

  • Tidak diperbolehkan meratakan cor-coran beton menggunakan batang vibrator

  • Dan jangan pernah meninggalkan batang vibrator di atas areal pengecoran dalam keadaan hidup walaupun cor-coran beton belum ada.

Berapa Lama Pemadatan Dengan Vibrator Harus Dilakukan.
Dengan keadaan beton yang tidak terlalu encer sebaiknya anda memadatkan beton 5 sampai dengan 15 detik dan pemadatan dengan vibrator lebih lama jika beton yang anda cor lebih kental atau nilai slump rendah. Ingat bahwa pemadatan dalam tempo yang terlalu singkat atau pemadatan dengan tempo yang terlalu lama tidak diperbolehkan. Pemadatan dengan tempo yang singkat bisa menyebabkan beton anda kropos sedangkan pemadatan dengan tempo yang terlalu lama dapat menyebabkan segregasi. Masih ingatkan anda apa itu segregasi………..coba deh dibalik-balik artikel di blog ini, sudah saya tuliskan kok
Semoga bermanfaat

Catatan rumahdangriya :
Seluruh gambar dalam blog ini yang bukan merupakan karya rumahdangriya sepenuhnya hak cipta berada ditangan pembuatnya. 
Rumahdangriya hanya menukilnya, walaupun mungkin sedikit ada perubahan dari gambar aslinya akan tetapi tidaklah mengeluarkan dari maksudnya.
Tulisan ini hanyalah sebagai sedikit pengetahuan tambahan atau setidaknya itulah harapan penulis. Melihat realita tukang pembuat rumah dilingkungan kita dalam proses pembuatan beton, maka semoga tulisan ini membawa perubahan ke arah yang lebih baik dengan dihasilkan beton yang lebih baik.
Tulisan ini tidaklah menafikan kemampuan para ahli, insinyur-insinyur dibidangnya yang telah dibekali pengetahuan dan perangkat laboratorium  yang memadahi.  Karena pembahasan  dalam blog ini hanyalah  sesuatu tentang rumah kita.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger