Rabu, 03 Agustus 2011

Begisting atau Cetakan Beton (Seri Cara Membuat Beton X)


Begisting atau cetakan beton adalah sebuah konstruksi khusus untuk menjadikan beton mempunyai bentuk sesuai yang diinginkan, dimana setelah beton mengeras konstruksi tersebut dilepas.
Begisting menjadi bagian yang sangat menetukan terhadap penampilan beton anda artinya selain bentuk, begisting juga berperan terhadap hasil akhir dari permukaan beton anda. Hal ini dikarenakan tekstur beton dipengaruhi oleh tekstur permukan begisting yang kontak dengan beton.

Dari pengertian diatas maka syarat utama sebuah begisting adalah :
  • Mempunyai bentuk yang tepat sesuai yang direncanakan
Karena fungsi utama dari begisting adalah pemberi bentuk beton dan perlu diingat bahwa beton jika sudah mencapai usia bongkar begisting sudah sangat keras, maka ketepatan bentuk sebelum beton mengeras menjadi fakor utama dalam pembuatan begisting 
  • Harus Kuat
Batasan kuat dalam syarat ini adalah selain tetap kokoh dan tidak roboh menangung beban begisting, beton dan beban pekerja diatasnya, juga begisting tidak berubah bentuk (melendut, melendung/mengebung). Begisting masih belum bisa dikatakan kuat walaupun tidak roboh, akan tetapi terjadi lendutan yang sangat besar sehingga betuk yang diinginkan berubah.
  • Tidak Bocor
Realita pekerjaan begisting pada pembuatan rumah memang jarang ditemukan begisting yang berlobang besar akan tetapi realitanya banyak ditemukan begisting terdapat lobang kecil-kecil yang akan menyebabkan bocor nya ketika dicor. Pengaruh bocoran pada begisting ini selain menjadikan borosnya material beton juga menjadikan bentuk yang jelek dimana lobang pada kebocoran itu menjadikan bentuk tambahan yang tidak teratur pada beton. Bocoran pada begisting banyak ditemukan terutama pada sambungan material dan juga pada pertemuan struktur misalnya pertemuan antara kolom dengan balok, pertemuan antara balok dengan plat, pertemuan antara balok dengan balok dan lain-lain.
  • Bisa Digunakan Lagi
Bisa digunakan lagi merupakan syarat tambahan, dimana begisting sebenarnya juga boleh digunakan sekali pakai. Perlu anda ingat begisting pada proses pembuatan beton merupakan komponen yang proporsinya bahkan bisa lebih besar dari pada harga beton (cor beton), maka kemudahan untuk digunakan lagi menjadikan  efisiensi dari sisi biaya dan waktu. Akan tetapi syarat mudah untuk digunakan kembali dibatasi oleh hasil dari pengunakan begisting, artinya bahwa selama begisting jika digunakan lagi masih bisa menghasilkan bentuk yang baik dan menghasilkan permukaan yang bagus, maka begisting masih bisa kita gunakan. Dapat anda bayangkan jika ukuran beton yang akan anda cetak mempunyai dimensi yang sama, maka anda tidak perlu membuat begisting. Dengan pengunaan begisting seperti itu maka akan efektif dari sisi biaya, waktu dan tenaga pekerjan.
Tentu saja masih terdapat syarat-syarat yang lain diantaranya harus mudah dikerjakan, harus mudah dibongkar dan masih ada syarat-syarat yang lain, akan tetapi syarat-syarat diatas menjadi syarat yang utama ketika anda membuat begisting beton.
Material yang sering digunakan adalah kayu atau besi, akan tetapi apapun material yang anda gunakan tidaklah mengapa asal syarat-syarat di atasi terpenuhi.

Kapan Membongkar Begisting Beton
Pembongkaran begisting mutlak harus menunggu usia beton cukup kuat  menahan minimal beban sendiri. Beton direncanakan mempunyai kekuatan penuh dalam waktu 28 hari artinya bahwa beton mampu menahan beban-beban yang direncanakan setelah umur 28 hari. Maka umur 28 hari adalah umur dimana beton anda sudah aman untuk dibongkar. Akan tetapi jika beton anda diinginkan pembongkaran sebelum waktu 28 hari maka yang menjadi pertimbangan utama adalah perkiraan kekuatan beton  ketika waktu pembongkaran, lihat table 22.1
Jenis Beton
Umur Beton (hari)
3
7
14
21
28
90
365
Semen portland biasa
0,4
0,65
0,88
0,95
1
1,2
1,35
Semen portland berkekuatan awal tinggi
0,55
0,75
0,9
0,95
1
1,15
1,2
Sumber PBI (Peraturan Beban indonesia)1971
Table 22.1 Perbandingan Kekuatan Beton Pada Berbagai Umur Rencana

Dari table di atas jika kekuatan rencana beton kita adalah  20Mpa, maka  umur beton anda pada 3 hari adalah (0.4x20= 8Mpa), 7 hari (0.65x20=13Mpa), 14 hari (0.88x20=17.6Mpa), 21 hari (0.95x20=19Mpa)  dan umur 28 hari (1 x20 = 20Mpa).
Pertimbangan kasar dalam membongkar adalah harus memperkirakan beban-beban yang akan bekerja padanya. Maka jika anda ingin membongkar beton usia 7 hari maka beban yang bekerja pada beton anda harus kurang dari 0.65 dari beban rencana.
Pembongkaran beton yang benar adalah menunggu kuat tekan beton dari lab sesuai umur beton

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger