Rabu, 24 Agustus 2011

CARA PENGECATAN YANG BAIK

Persiapan dan Rencana

Adalah kunci untuk menghasilkan pengecatan terbaik


Sebelum Pengecatan

Hasil pengecatan sangat tergantung dari persiapan permukaan yang akan dicat. Persiapan yang benar akan membuat pekerjaan pengecatan lebih cepat, dan mudah, memberikan hasil akhir yang terbaik dan lapisan cat yang tahan lama.

Permukaan yang akan dicat harus sudah sekering mungkin dan keras, terutama untuk tembok baru dari plasteran semen atau beton telah sempurna pengeringan semennya dimana kadar alkali dan air telah memenuhi syarat yang ditentukan.

Lakukan pembersihan pada permukan untuk menghilangkan kotoran, minyak, kristal garam-garaman pada dinding plasteran semen atau beton, karat pada besi dan lain-lain yang dapat mempengaruhi daya lekat cat

Selanjutnya ikuti petunjuk-petunjuk yang ada dalam setiap data teknis produk-produk cat yang ada. Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk tersebut akan memberikan jaminan hasil pengecatan.


PETUNJUK PENGECATAN

Bila persipan telah sempurna, lakukan rencana pengacatan yang baik. Bila memungkinkan lakukan pengecatan waktu masih ada matahari.

Untuk ruangan dalam, mulailah pengecatan pada plafon, kemudian dinding, selanjutnya kusen-kusen,  yang dilanjutkan pada daun jendela dan pintu.

Untuk ruangan luar harus disiapkan dengan teliti semua peralatan pengecatan serta disedialkan persedian cat yang digunakan. Perkiraan cuaca harus diketahui sebelumnya, karena hujan akan merusak semua pekerjaan yang baru dilakukan. Usahakan untuk tidak melakukan pengecatan dibawah sinar matahari langsung. Pengecatan dinding sebaiknya dibagi menjadi beberapa bagian dan harius dimulai bagian atas dan dikerjakan terus sampai bagian bawah.

Tahap terakhir pengecatan adalah pipa-pipa, jendela-jendela dan pintu-pintu

Disadur secara   utuh  tanpa perubahan dari brosur cat MOWILEX 
sumber gambar kolomrumah.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger